5 Rekomendasi Koin Kripto Fundamental Bagus yang Populer

Popularitas cryptocurrency di Indonesia telah meningkat selama setahun terakhir. Banyak cryptocurrency saat ini diperdagangkan. Jenisnya berbeda-beda sesuai dengan fungsinya.

Di Indonesia, 229 aset kripto terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Dari laman PT Pintu Kemana Saja, kutip beberapa aset kripto terpopuler.

5 Rekomendasi Koin Kripto Fundamental Bagus yang Populer

1. Bitcoin (BTC)

BTC adalah mata uang kripto pertama di dunia. Dibuat pada tahun 2009. BTC disimpan dan diperdagangkan melalui internet menggunakan Bitcoin Blockchain, buku besar digital terdistribusi.

Saat ini ada 18,3 juta BTC yang beredar, dan 12,5 bitcoin baru dibuat setiap 10 menit. Pengiriman jumlah BTC dibatasi hingga 21 juta BTC sejak dibuat. Karena persediaan yang terbatas, harga BTC meroket dari Januari 2015 hingga Januari 2020, yang membuat banyak orang berinvestasi di BTC.

2. Etherium (ETH)

ETH diluncurkan pada tahun 2015. Ethereum adalah salah satu blockchain paling populer yang dapat diprogram. Pengembang di seluruh dunia menggunakan blockchain Ethereum untuk membuat aplikasi crypto terdesentralisasi baru (seperti token rupee).

Blockchain Ethereum memiliki mata uang digital asli yang disebut Ether (ETH). Ibarat mobil yang membutuhkan bahan bakar, ETH dibutuhkan sebagai “gas” untuk menjalankan program/aplikasi di blockchain Ethereum.

3. Polkadot (DOT)

Polkadot adalah protokol blockchain yang dapat menghubungkan banyak blockchain yang berbeda. Polkadot memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi seperti mengirim data dan aset antara dua blockchain yang berbeda. Token

DOT bertindak sebagai token tata kelola dan pengikatan dalam protokol Polkadot. Pemegang token DOT dapat berpartisipasi dan memberikan suara untuk perubahan protokol yang diusulkan dan membuat parachain dengan menautkan token DOT.

4. Binance (BNB)

BNB adalah cryptocurrency dari Binance, salah satu pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia. BNB berjalan di Binance Chain, sebuah blockchain yang dibuat Binance untuk mendukung pertukaran kripto yang terdesentralisasi (wallettowallet). Dalam ekosistem Binance, pengguna dapat menggunakan BNB untuk mendapatkan potongan biaya perdagangan dan manfaat lainnya.

5. Solana (SOL)

Solana diluncurkan pada tahun 2020 oleh Solana Foundation dan merupakan blockchain open source. Protokol Solana dibuat untuk memfasilitasi pembuatan aplikasi enkripsi terdesentralisasi. SOL adalah mata uang digital asli dari blockchain Solana.